Langkah-Langkah saat Cuci Sofa agar Lebih Bersih

Punya sofa di rumah yang sudah terlihat kotor namun bingung bagaimana cara mencucinya. Kali ini, Anda tidak perlu lagi karena pada dasarnya cuci sofa itu mudah untuk dilakukan. Untuk Anda yang berencana mencucinya sendiri di rumah, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

1.        Pakailah cairan pembersih

Pada umumnya, kotoran yang menempel pada sofa biasanya terjadi karena adanya debu yang menempel. Nah, jika debu ini didiamkan begitu saja dan tidak segera dibersihkan, maka ia akan berubah menjadi noda yang membandel.

Nah, untuk membersihkan noda membandel ini, maka Anda bisa menggunakan cairan pembersih. Misalnya saja seperti deterjen cair ataupun cuka. Kedua bahan ini sangat mudah untuk ditemukan. Bahkan, yang perlu Anda lakukan hanyalah menetaskan kedua bahan ini di bagian noda yang membandel.

Jika sudah, diamkan beberapa saat saja dan bilas dengan menggunakan air. Ada baiknya, di sini Anda menggunakan air hangat agar noda yang menempel bisa dengan mudah terangkat dan hilang dengan sempurna.

2.        Menggunakan pasta

Jika menggunakan cairan pembersih tidak mampu mengangkat noda dengan sempurna. Di sini Anda bisa menggunakan pasta untuk menghilangkan noda tersebut. Untuk menemukan pasta ini juga mudah karena Anda bisa menemukannya di toko peralatan kebersihan rumah tangga.

Nah, dalam membersihkan, Anda juga harus menggunakan kain lap dan semprotan. Bagaimana caranya Anda hanya perlu menyemprotkan pasta ke area sofa yang kotor, jika sudah diamkan sebentar hingga kotoran ii terangkat dan usap dengan menggunakan kain lap tadi.

3.        Pakailah vacuum cleaner

Setelah Anda merasa jika sofa tersebut bebas dari noda, maka diamkanlah hingga kering terlebih dahulu. Jika sudah kering, maka Anda bisa melanjutkan ke tahapan cuci sofa yang selanjutnya yakni menggunakan vacuum cleaner.

Nah, fungsi vacuum cleaner ini digunakan untuk menyerap debu dan kotoran yang ada di sofa. Mengapa menggunakan vacuum cleaner? Pasalnya cara ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan sapu karpet saja.

Dengan menggunakan vacuum cleaner, debu-debu yang berada di area yang sulit terjangkau juga bisa dibersihkan. Dengan demikian, sofa akan kembali bersih. Bahkan, tungau-tungau yang menyebabkan gatal pada kulit juga bisa ikut hilang.

4.        Hilangkan bulu hewan yang menempel

Jika Anda di rumah memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, tentunya kedua jenis hewan ini sering meninggalkan bulunya di sofa. Nah, bulu-bulu ini juga sangat sulit dihilangkan jika hanya menggunakan sapu biasa.

Bagaimana cara yang paling efektif untuk menghilangkan bulu ini? ternyata sangat mudah lho. Anda hanya perlu menggunakan bantuan selotip. Nah, selotip ini memiliki sisi perekat, coba deh rekatan pada bagian sofa yang berbulu.

Seketika, bulu tersebut akan hilang dna terangkat dengan sempurna. Cara ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan vakum cleaner. Meskipun demikian, hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

5.        Gunakan pelembap

Agar sofa tetap awet, maka yang harus Anda lakukan di sini adalah membersihkannya dengan menggunakan pelembap. Tentunya pelembap yang digunakan di sini adalah pelembap sofa. Hal yang perlu Anda lakukan dalam proses penggunaan pelembab ini adalah dalam kurun waktu 2 sampai 3 bulan saja.

Dengan melakukan perawatan pada sofa secara teratur dan langkah-langkah yang benar, tentunya membuat sofa Anda lebih awet. Yuk lakukan cuci sofa sendiri di rumah karena caranya cukup mudah dan tidak ribet. Bahkan, sofa Anda akan berasa seperti dicuci di tempat pencucian lho.

Author: karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *