Mengenal Beberapa Sambungan dalam Pipa Air Yang Paling Dibutuhkan

Hal yang wajib ada ketika ada proyek pembangunan gedung selain kayu, batu bata, batako, semen, adalah pipa air. Tidak bisa dibayangkan jika sebuah gedung perumahan berdiri tanpa ada saluran air. Tentu dampaknya akan menyulitkan bagi penghuni rumah itu sendiri. Dalam sebuah instalasi pemipaan, tidak hanya pipa saja yang penting. Fitting pipa juga begitu penting. Karena tanpa fitting atau sambungan, instalansi pipa air akan sia-sia.

Diketahui bahwa ada banyak ragam fitting atau sambungan pipa. Ragam jenis ini tentunya memiliki fungsi fungsi yang berbeda pula. Dari PT Wahana Duta Jaya Rucika sendiri memiliki 300 jenis fitting dari sebuah pipa.

Apa Saja Jenis Fittingnya?

Pertama adalah access fitting. Access fitting merupakan salah satu jenis fitting PVC yang memiliki fungsi untuk meneliti saluran pipa mengenai apakah ada sumbatan atau tidak. Kelebihan dari fitting ini yaitu untuk memudahkan dalam pengecekan. Pasalnya dapat dilakukan menggunakan kamera sehingga tukang yang akan memperbaiki sumbatan tidak perlu menebak di mana letak sumbatan tersebut.

Dengan bantuan kamera, tukang reparasi dapat langsung mengetahui letak sumbatan secara akurat. Fitting pipa ini lebih cocok untuk sambungan saluran air bersih, air hujan, air kotor dan pipa ventilasi udara.

Sementara yang kedua adalah fitting pipa HDPE yang mana memiliki kurang lebih lima jenis fitting. Diantaranya adalah fitting pipa E-Elbow, fitting pipa reducer, fitting pipa Tee, fitting pipa reducer Tee dan fitting pipa stub end.

Seperti namanya, fitting pipa E-Elbow adalah sambungan pipa yang berfungsi membelokkan arah saluran pipa. Fitting e-elbow ini terdiri dari dua jenis, yaitu e-elbow 45o dan e-elbow 90o.

Fitting pipa Tee berfungsi membagi aliran air sehingga fitur sambungannya bercabang. Ukuran cabang fitting pipa Tee menyesuaikan dengan ukuran utama.

Sementara fitting pipa reducer tee ukuran cabang tidak sama dengan ukuran pipa utama.  Fitting pipa reducer merupakan fitting yang membantu mengurangi aliran air, dalam arti menyambungkan pipa HDPE berukuran besar dengan yang kecil.

Terakhir yaitu fitting pipa stub end. Berbeda dengan fitting-fitting yang fungsinya untuk membelokkan atau membagi aliran, fitting jenis ini justru berfungsi untuk menghentikan aliran air.

Fitting maupun pipa ini bisa didapatkan di Rucika. Kenapa memilih brand tersebut? Fitting pipa air rucika memiliki banyak keunggulan-keunggulan dan manfaat antara lain: memenuhi standard JIS, tidak terpengaruh dengan bahan kimia, dapat didaur ulang, kuat dan tidak mudah pecah sehingga mampu bertahan lama, dan termasuk isolator yang baik.

Author: karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *