Apa Saja Penyebab Pinggang Kiri Sakit?

Salah satu bagian tubuh yang kerap merasakan nyeri adalah di bagian pinggang. Pinggang merupakan bagian tubuh yang dapat digerakkan seperti menekuk tubuh ke depan dan ke belakang. Anda juga bisa memutar badan ke kiri atau kanan dengan mudah jika kondisi pinggang dalam keadaan sehat. Namun jika pinggang kiri sakitgerakan mudah tersebut menjadi sulit dan bahkan menghasilkan rasa nyeri yang bertambah. Akibatnya seseorang akan sulit beraktivitas seperti sedia kala. Untuk menghilangkan rasa nyeri, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari timbulnya sakit pinggang tersebut. Berikut ini adalah macam-macam penyebab sakit pinggang yang perlu Anda ketahui:

1. Skiatika.

Merupakan kondisi dimana saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan saraf tungkai tertekan atau terjepit. Gejala dari kondisi ini adalah terjadi kesemutan dan nyeri dari pinggang kiri hingga tungkai kaki. Kondisi ini disebabkan pergeseran bantalan tulang di tulang belakang atau kerusakan di tulang punggung.

2. Otot tegang.

Di bagian pinggang, terdapat otot yang bisa tegang karena Anda melakukan aktifitas fisik berlebihan atau mendadak. Misalnya seseorang yang jarang bermain badminton kemudian tiba-tiba bermain badminton, bisa jadi otot kaget dan tertarik. Gejalanya adalah otot terasa nyeri dan kaku. Untuk memulihkannya Anda bisa melakukan pemijatan dan fisioterapi.

3. Cedera.

Bagi mereka yang sakit pinggang setelah mengalami kecelakaan atau terjatuh, bisa jadi disebabkan karena adanya cedera di bagian tubuh tersebut atau di sekitarnya. Rasa nyeri bisa disebabkan otot yang terkilir, patah atau retak pada tulang maupun luka luar di pinggang. Selain itu cedera di otot panggul juga akan menyebabkan rasa nyeri di bagian pinggang hingga belakang.

4. Stenosis Spinal.

Kondisi dimana tulang belakang menyempit yang mengakibatkan tertekannya saraf di tulang belakang. Karena ada banyak saraf yang terletak di tulang belakang, maka gejala yang ditimbulkan dapat berupa kebas, keram di bagian tubuh manapun seperti kaki atau tangan. Kondisi ini akan lebih parah saat orang tersebut berjalan atau beraktivitas. Stenosis spinal umumnya disebabkan karena penuaan dimana terjadi perubahan tulang yang membuat bantalan saraf menekan saraf.

5. Gangguan ginjal.

Organ yang berada dekat dengan pinggang adalah ginjal. Terdapat dua buah ginjal yaitu di bagian pinggang kiri dan kanan. Jika pinggang kiri Anda mengalami nyeri, bisa jadi sebabnya berhubungan dengan ginjal di bagian kiri seperti batu ginjal, infeksi ginjal dan lainnya. kondisi ini juga berhubungan dengan volume air putih yang Anda konsumsi setiap hari.

6. Hormonal.

Perempuan lebih sering terkena nyeri di bagian pinggang akibat faktor hormonal seperti saat menstruasi, terdapat kista, endometriosis, mengandung, atau kontraksi.

Sakit di bagian pinggang dapat terjadi dengan gejala yang ringan hingga parah. Jika Anda mengalami bagian pinggang kiri sakit, segeralah ke dokter jika terjadi setelah mengalami kecelakaan atau terjadi komplikasi lainnya seperti demam, sulit mengontrol keinginan buang air, kelumpuhan atau mati rasa di bagian tertentu, mengalami kesulitan berjalan dan massa kaki atau otot berkurang. Jika nyeri hanya dirasa ringan saja, Anda bisa melakukan pijatan ringan untuk mengurut otot sembari beristirahat agar otot kembali lentur seperti sebelumnya. Sakit pinggang karena masalah ginjal bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap harinya dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol ataupun minuman bersoda terlalu sering. Periksakan kondisi pinggang Anda secara rutin jika rasa nyeri masih berlanjut.

Tinggalkan Balasan