Fakta Pompa Air yang Wajib Anda Ketahui

Pompa air merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan air bersih sebagai kebutuhan bagi makhluk hidup. Ketika berada di dalam rumah, pastinya Anda membutuhkan air bersih sebagai kebutuhan sehari-hari yang tentunya digunakan untuk kebutuhan sanitasi dan konsumsi. Setiap rumah kini menggunakan pompa air sebagai salah satu solusi.

Ketika terjadi kerusakan pompa air, pastinya Anda dan keluarga akan mengalami krisis air bersih yang akan mengganggu kehidupan sehari-hari. Namun Anda tidak perlu khawatir dan langsung menggantinya, kenali terlebih dahulu permasalahan yang terdapat pada pompa air tersebut agar dapat ditemukan solusi terbaik yang tentunya dapat menghemat biaya.

Mengenal Pompa Air

Bagi Anda yang belum tahu, pompa air merupakan alat yang dapat mengalirkan air dalam tanah ke seluruh penjuru rumah melalui keran. Cara kerjanya yaitu menghisap air dari sumber air dari permukaan yang lebih rendah menuju permukaan yang lebih tinggi. Kemudian air didistribusikan ke seluruh pipa saluran yang berada di seluruh rumah.

Seiring berkembangnya zaman, teknologi juga mulai berkembang termasuk teknologi pompa air. Kini tersedia teknologi pompa air dengan tenaga listrik yang tentunya dapat memudahkan Anda dalam menggunakan air sebagai salah satu kebutuhan. Tentunya, dengan teknologi ini kebutuhan air Anda akan selalu terpenuhi dan penggunaannya juga lebih praktis.

Meski begitu, penggunaan pompa air dirumah juga dapat menjadi salah satu cara untuk berhemat lho. Harga alat yang murah serta biaya pemasangannya rendah, sehingga Anda dapat mengalokasikan sisa dana untuk keperluan lainnya. Jika terdapat kerusakan, Anda dapat memasangnya sendiri pada kedalaman yang dibutuhkan. Lalu pompa akan siap digunakan.

Sayangnya, terkadang kebutuhan berkaitan dengan sanitasi dan konsumsi berlangsung secara terus menerus. Pompa air merupakan tumpuan dari air yang mengalir, sehingga terkadang mengalami kendala. Entah dari bagian pompanya maupun pipa yang menyalurkan air ke seluruh rumah.

Dalam hal ini, Anda sebagai pengguna harus melakukan perawatan agar kerusakan pompa air dapat dihindari. Dimulai dengan cara penggunaan yang baik serta perawatan yang dilakukan secara konsisten tentu akan menjadikan kinerja pompa air semakin baik.

Jenis Pompa Air

Menghasilkan kualitas air terbaik tentu menjadi salah satu tujuan Anda untuk melindungi keluarga dirumah. Oleh karena itu, sebelum membeli pompa air baru, pastikan Anda memahami setiap jenisnya agar dapat memilih sesuai kebutuhan. Ingin tahu apa saja jenisnya? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

  1. Pompa air sumur dangkal

Pompa jenis ini memiliki maksimal daya hisap air sedalam 9 meter. Pompa ini cocok untuk digunakan oleh hunian yang memiliki lahan sempit, sehingga penggunaan airnya cukup ringan. Bagi Anda yang memiliki rumah dengan lahan yang kecil dapat menggunakan jenis pompa ini.

  1. Pompa air sumur dalam

Pompa yang memiliki nama panggilan jet pump ini merupakan jenis pompa yang dapat menghisap air lebih dari kedalaman 9 meter. Dengan menggunakan mesin injector, pompa air ini memiliki ciri khas yaitu dapat memperkuat daya pancar air yang dihisap.

Jenis pompa ini memiliki dua tipe, yaitu semi jet pump dan jet pump. Keduanya memiliki perbedaan dari sisi keberadaan tabungnya. Jet pump memiliki tabung, sedangkan semi jet tidak memiliki tabung pada bagian tubuhnya.

  1. Pompa air celup

Jenis pompa air celup ini cara pemasangannya adalah dengan ditanamkan ke dalam air. Hal ini berfungsi untuk menyedot dan mengalirkannya ke dalam penyaring sehingga dapat memancarkan lebih dari 5 meter. Biasanya jenis pompa ini digunakan untuk air akuarium.

  1. Pompa booster

Pompa jenis ini dipasang di bagian tengah instalasi pipa air. Hal ini berfungsi untuk memperkuat daya pancar aliran air ke seluruh rumah. Pompa jenis ini biasanya digunakan di rumah, hotel, maupun ruangan lain yang memiliki alat pemanas air.

Kenali Penyebab Pompa Air Bermasalah

Keberadaan pompa air tentu memberikan berbagai manfaat bagi Anda dan keluarga di rumah. Cara penggunaannya yang praktis dan ketersediaannya dalam memberikan air bersih tentu memberikan kemudahan kepada manusia. Namun banyak faktor yang menyebabkan alat ini tidak dapat digunakan secara mendadak. Sebelum mengatasinya, pastikan untuk mengenal penyebab kendala tersebut.

  1. Adanya kerusakan pada bagian kapasitor
  2. Tegangan listrik menurun
  3. Dinamo penggerak pompa terbakar atau mengalami kerusakan

Cara Mengatasi Kerusakan Pompa Air

Jika berada di rumah dan ingin mengatasi kerusakan pompa air, pastikan untuk menggunakan cara yang aman dan mampu Anda lakukan. Dalam hal ini terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Pertama Anda dapat mengecek kabel penghubung antara pompa dengan arus listrik. Disini ketelitian dibutuhkan untuk melihat apakah kabel masih baik dan tidak ada kabel yang putus.

Anda juga dapat melepas pompa air dari tempatnya kemudian bawa ke lokasi yang lebih aman dan kering di bagian rumah Anda. lihat bagian kipas pompa lalu coba putarkan. Jika putarannya halus, maka kondisi pompa masih baik. Sedangkan jika putaran tidak stabil maka dapat dipastikan kerusakan pompa air berasal dari bearingnya. Sehingga dibutuhkan penggantian bearing yang baru.

Step terakhir juga dapat dilihat dari komponen pompa yang terdiri dari kapasitor dan kumparan. Anda dapat melakukan tes pada keduanya dengan alat tester untuk mengetahui letak pasti bagian dari kerusakan pompa air.

Kerusakan pompa air tentu sangat mengganggu seluruh anggota keluarga. Karena kebutuhan konsumsi maupun sanitasi Anda akan terganggu sementara. Salah satu solusinya adalah dengan mengatasi kerusakan ataupun dapat membeli pompa baru.

Tinggalkan Balasan